Pages

Selasa, 13 September 2011

tentang puisi

kali ini, saya niat share aja nih tentang satu puisi yang jadi favorit saya. jujur sebenarnya saya bukan orang yang suka sama puisi, karena otak saya yang secetek kolam renang khusus balita ini kurang sanggup mengartikan kiasan-kiasan yang ditulis si penulis puisi. yang ada bukannya seneng malah otak saya sariawan bacanya, ngga ngerti.

dan puisi favorit saya ini alhamdulillah yah, bisa saya ngerti, sesuatu berarti. puisi ini ditulis oleh Taufiq Ismail dengan judul "Kerendahan Hati". mau tau bagaimana puisinya? langsung saja ke TeKaPee..!!!

KERENDAHAN HATI
by: Taufiq Ismail

Kalau engkau tak mampu menjadi beringin
yang tegak di puncak bukit
Jadilah belukar, tetapi belukar yang baik,
yang tumbuh di tepi danau

Kalau kamu tak sanggup menjadi belukar,
Jadilah saja rumput, tetapi rumput yang
memperkuat tanggul pinggiran jalan

Kalau engkau tak mampu menjadi jalan raya
Jadilah saja jalan kecil,
Tetapi jalan setapak yang
Membawa orang ke mata air

Tidaklah semua menjadi kapten
tentu harus ada awak kapalnya….

Bukan besar kecilnya tugas yang menjadikan tinggi
rendahnya nilai dirimu

Jadilah saja dirimu….

Sebaik-baiknya dari dirimu sendiri..

ahh, sesuatu banget ngga sih puisinya? kadang kalau saya lagi down atau pesimis sama diri sendiri, semangat saya langsung meroket lagi begitu baca ini. sometimes, i feel that my best wasn't good enough, and i feel so bad about that. ngerasa ngga guna, ngerasa gagal, ngerasa payah karena ada hal yang ngga bisa saya lakukan dengan baik sebaik orang lain lakukan.

seberapapun saya berusaha, saya ngga bisa jadi beringin yang tegak berdiri meneduhi orang dibawahnya karena saya cuma rumput yang tumbuh di bawah beringin. cuma rumput. tapi apa salahnya jadi rumput? toh, rumput pun baik, menghias tanah dengan hijaunya yang indah. oke, mungkin saya memang rumput, tapi saya berjanji akan menjadi rumput paling hijau yang memperkuat tanggul pinggiran jalan. bukankah "bukan besar kecilnya tugas yang menjadikan tinggi rendahnya nilai dirimu. jadilah saja dirimu, sebaik-baiknya dari dirimu..". and i promise, i'll do the best i can do and be the best i can be!

makasih banyak buat Taufiq Ismail dan puisinya yang hebat ini..






0 komentar:

Posting Komentar