Pages

Senin, 31 Maret 2014

Seputar Alasan

ah, konsisten itu susah men. konsisten ngeblog salah satunya. menurutku susah, tapi kayaknya bagi sebagian orang cipil. tiap buka dasbor blog suka kagum, iri, dan stres sendiri ngeliat postingan baru dari blogger-blogger yang kufollow. salut, pada rajin-rajin dan kaya ide banget. ada malah yang tiap beberapa hari sekali ngepost postingan baru. frekuensi dia ngupdate blog lebih tinggi ketibang frekuensi aku mandi di musim hujan. dan yang lebih bikin dengki, biarpun ngepost di waktu yang sempit dan berdekatan tapi tulisan-tulisannya tetap fresh dan berkualitas. bukan main. mereka awesome. aku asem.

btw kalian tau ngga apa bedanya mario teguh, yamaha mio, sama aku? mario teguh itu motivator, yamaha mio itu motor, sedangkan aku penari tor-tor procrastinator. layaknya telor asin yang udah dicap, pikiranku pun udah dicap, dan tulisan capnya adalah 'why do you do it now if you can do it tomorrow?'. jadi begitulah. udah buka blog, ketik beberapa kata, lalu cap tadi terbaca otak. otak mengirim pesan ke syaraf, syaraf menyalurkan pesan tadi ke seluruh tubuh. isi pesannya 'you'll better do it tomorrow'.

see, i just can't help it..

dan minggu-minggu ini alasan untuk menganak tirikan blog makin bertambah dikarenakan beberapa hal. pertama, kakakku sakit, dan mamaku pun kondisi badannya kurang fit, so i have to take care aya, my niece. by myself. bikin makan, nyuapin, mandiin, temenin main, semuanya deh, kecuali urusan buang air. maksudnya buang air bukan dia mainan air dibuang-buang, tapi yah.. you know what lah.. jadi ketika aya bilang kalau dia dapat 'panggilan alam', maka yang kulakukan adalah jejeritan, bangunin mama, dan menyerahkan aya ke mama macam pelari estafet menyerahkan tongkat ke pelari berikutnya. bedanya tongkat estafet ngga kentut.

ditambah lagi suatu hari kuajak aya jalan-jalan. di perjalanan kita melewati abang-abang jualan mainan. entah aya pernah belajar di sekolah ninja mana, yang jelas dia bisa melakukan satu jurus ninja, namanya puppy eyes no jutsu. matanya membulat membesar, tatapannya memelas berkilau-kilau, wajahnya innocence menggemaskan.

"aya mau beli mainan dong.." pintanya.

di bawah pengaruh jurus itu, mustahil untuk berkata tidak. kami pun mampir beli mainan. kusuruh dia untuk milih mau beli mainan apa. ngga lama, dia menyodorkan mainan yang membuatku terkejut.




aaaak, ya ampun, masih adaaa!! mainan ini mainan kesukaanku waktu kecil. aku nyebutnya BP, singkatan dari barbie palsu karena cara mainnya mirip main barbie, bajunya bisa diganti-ganti. ceweknya pun cantik-cantik mirip barbie. tapi karena bukan barbie beneran kusebut barbie palsu. mungkin kalau bekennya di jaman sekarang namanya BKW bukan BP. Barbie KW.

kami pun cepat-cepat pulang dan segera main. orang-orangan punyaku kunamai susan, sedang punya aya dinamai sintia. namanya orang lagi seneng-senengnya, hampir tiap saat kami main sintia (yes, she called it main sintia). tapi setelah berjalan berapa hari lama-lama bosan juga main sintia terus. sayang, yang ngerasa bosan aku doang, aya ngga. dia masih seneng main sintia. bahkan sampai sekarang. dan dia ngga mau main sintia sama yang lain, maunya sama aku doang. ngga peduli entah aku lagi sibuk, lagi galau, atau lagi sibuk galau. pokoknya main sintia.

alurnya selalu sama. aku sedang di kamar, kemudian sambil mengendarai otopetnya, aya datang nyamperin ke kamar dan ngajak main sintia. aku nolak, tapi kemudian aya ngeluarin jurus puppy eyes no jutsunya dan tiba-tiba aku hilang kesadaran. ketika akhirnya sadar, aku sedang makein susan baju olahraga. 

aah, aku harap aku bisa sesegera mungkin ngebujuk mama untuk bikin perapian di rumah supaya bisa "secara ngga sengaja" ngejatohin sintia ke perapian yang nyala. masa bodo dengan fakta bahwa aku tinggal di daerah beriklim tropis yang cuaca terdinginnya pun bisa dihadapi dengan menyantap semangkuk indomi panas.

kedua, orang bilang apa yang kamu panen hari ini merupakan hasil dari benih  yang kamu tabur di hari lalu. mbuh dulu aku nabur benih apa, yang jelas minggu-minggu ini aku lagi panen tugas. berlimpah ruah. kalau manen semangka atau rambutan enak, bisa dijual dapet duit. lah kalau manen tugas? dijual bukan dapet untung, tapi dapet nilai E dari dosen. dapet nilai E lulusnya lama. lulus lama digunjingkan orang-orang. digunjingkan orang-orang malu. malu akhirnya stres. stres akhirnya bunuh diri. bukan main efek domino yang ditimbulkan tugas. 

berhubung aku ngga mau hidupku berakhir seperti itu, maka ya mau ngga mau tugas harus keselesaikan. jari-jari serasa lagi aerobik saking banyaknya ketikan. ada teman yang bilang jari-jari tanganku jempol semua karena semuanya bantet sekel gendut-gendut. lihat saja nanti ya, begitu semua tugas rampung, jari-jari tanganku jadi kelingking semua!

dan hal ketiga yang membuat blog jadi terkesampingkan adalah .... i have a lot of book to read *heavy breathing*. what a pleasant distraction. buku yang kemarin kubaca adalah seri dari diary of a wimpy kid. telat emang sih baru baca sekarang, tapi lebih baik telat baca kan daripada telat datang bulan tanpa ikatan sah. 

jadi ya begitulah kenapa baru bisa update lagi sekarang. hehe.

6 komentar:

  1. Untung gue masih bisa konsisten (dan semoga berlanjut terus) nge-blog. Asal niat mah pasti bisa kok hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya tiap liat bang kep ngepost postingan baru secara berkala jadi ngerasa gimanaaa gitu, dengki, iri, tapi kagum. haha.

      niatku masih kurang berarti ya, hmm.. *beli niat ke tokobagus*

      Hapus
  2. aaaakkk... itu mainan kertas yg ganti-ganti baju kan. Gue pernah dapet sebagai hadiah permen. karena takut mubazir, gue mainin. jadi deh, gue cowok yg mainin punyanya cewek #iniapaansih

    mungkin kemarin bukan kamu yg nabur benih, tapi dosen kamu. Jadi yang memanen itu dosen, kamu mah lagi kerja paksa. hahaha #iyakali

    semoga ntar bisa kembali ngeblog dengan konsisten ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. waiya, bener juga, dosen yang panen nilai kami yang bekerja paksa ( .___.)

      aamiin, doakan semoga bisa seeksis bang hawa ya!

      Hapus