Pages

Senin, 30 Januari 2012

tentang bola golf, batu koral, pasir, dan kopi..

didapat dari notes seorang sahabat, dan setelah dibaca, ternyata isinya sangat menarik! rasanya sayang kalau hanya saya baca sendiri. jadi setelah dapat izin dari sang empunya, izin dari ketua RT/RW setempat, dan stempel halal dari MUI, tulisan ini pun saya share disini. maaf ya gan kalau misalnya repost. hehe. enjoy it!

Seorang professor berdiri di depan kelas filsafat. Saat kelas dimulai, dia mengambil toples kosong dan mengisi dengan bola-bola golf, kemudian berkata kepada murid-muridnya,"Apakah toples sudah penuh?"

"Sudah!", mereka setuju

Kemudian dia menuangkan batu koral ke dalam koples, mengguncang dengan ringan. Batu-batu koral mengisi tempat yang kosong diantara bola-bola golf.

"Apakah toples sudah penuh?", tanya professor untuk kedua kalinya
"Sudah!", jawab murid-murid

Selanjutnya dia menabur pasir ke dalam toples. Tentu saja pasir menutupi semuanya.

Professor bertanya lagi,"Apakah toples sudah penuh?"
"Ya!", jawab murid-murid dengan yakin

Kemudian professor menuangkan dua cangkir kopi ke dalam toples dan secara efektif kopi mengisi ruang kosong diantara pasir. Para murid tertawa.

"Sekarang saya ingin kalian memahami bahwa toples ini mewakili kehidupanmu. Bola-bola golf adalah hal-hal yang penting: Tuhan, keluarga, kekasih, anak, kesehatan. Jika yang lain hilang dan hanya tinggal mereka, maka hidupmu masih tetap penuh. Batu-batu koral adalah hal-hal lain seperti pekerjaanmu, rumah, dan mobil. Pasir adalah hal-hal sepele. Jika kalian pertama kali memasukkan pasir ke dalam toples, maka tidak akan tersisa ruangan untuk batu-batu koral ataupun untuk bola-bola golf."

"Hal yang sama akan terjadi dalam hidupmu. Jika kalian menghabiskan energi untuk hal-hal yang sepele, kalian tidak akan mempunyai ruang untuk hal-hal yang penting buat kalian. Jadi beri perhatian untuk hal-hal yang penting untuk kebahagiaanmu: beribadahlah dengan baik dan khusyuk, bermainlah dengan anak-anakmu, ajak pasanganmu untuk keluar makan malam, luangkan waktu untuk check up kesehatan; berikan perhatian terlebih dahulu kepada bola-bola golf, hal-hal yang penting. Atur prioritasmu. Baru yang terakhir, urus pasirnya.", jelas sang professor.

Salah satu murid mengangkat tangan dan bertanya,"Kopi mewakili apa?"
Professor tersenyum,"Saya senang kamu bertanya. Itu menunjukkan kepada kalian, sekalipun hidupmu tampak sudah sangat penuh, tetap selalu tersedia tempat untuk secangkir kopi bersama sahabat.."

0 komentar:

Posting Komentar